*** Pemilu 2014 Belum Siap *** Perkuat Sektor Parlemen Agar Pemerintahan Efektif *** Pembekalan Caleg Berlanjut ke Dapil *** Jangan Lupakan Sejarah Perjuangan ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 12 Agustus 2007 diposting pada kategori BERITA CABANG

Berikan Aku 10 Pemuda Maka Aku Akan Goncangkan Dunia

Berkaitan dengan peranan pemuda dalam politik Indonesia, Bung Karno pernah berkata berikan aku 10 pemuda maka aku akan goncangkan dunia. Perkatan tersebut berasal dari sebuah pidato yang berjudul “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah (Jasmerah)”. Dalam pidato tersebut, Bung Karno mengatakan bahwa peran pemuda sangat penting dalam proses perubahan sosial Indonesia seperti gerakan Budi Utomo 1908 dan Kongres Pemuda 1928 yang melahirkan Sumpah Pemuda.
Mengingat pentingnya peranan dan partisipasi pemuda dalam politik di Indonesia, maka hal itu perlu dijadikan refleksi bersama dalam upaya membesarkan PDI Perjuangan sebagai partai yang berbasis rakyat. “Peranan pemuda sebagai pelopor dalam menggerakkan roda PDI Perjuangan, khususnya pembinaan basis massa, terbukti cukup efektif. Seperti Jambore Pemuda yang pernah dilakukan PDI Perjuangan Trenggalek beberapa waktu lalu,” Ungkap Cokro, Wakil Ketua Kepemudaan dibawah Bidang Pemuda dan Olahraga DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek, di Trenggalek, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek pernah mengadakan Jambore Pemuda bulan Mei 2007. Pesertanya, 250 pemuda dari 157 desa dari seluruh Trenggalek. 3 Bulan usai Jambore tersebut, peserta jambore mampu merekrut banyak pemuda terlibat dalam kegiatan partai di desanya masing masing. “Tadinya tiap ranting (desa) hanya ada 3 hingga 5 pemuda, setelah ada jambore, bertambah menjadi 12 hingga 15 pemuda tiap ranting,” kata Cokro.

Untuk selanjutnya, kata Cokro, mereka ini dapat diajak melakukan pembinaan atau pendampingan untuk menanggapi berbagai pengaduan masyarakat di daerahnya masing masing. “Di masa yang akan datang, kaum muda PDI Perjuangan harus bergandeng tangan dengan ormas pemuda, seperti Banteng Muda Indonesia dan Repdem, untuk memperjuangkan amanat penderitaan rakyat Indonesia,” kata Cokro.

Peranan pemuda Indonesia sangat dinantikan oleh rakyat Indonesia seperti yang terjadi pada gerakan reformasi 1998 lalu. Pemuda Indonesia saat itu mampu bergerak meruntuhkan rezim Orde Baru penindas Rakyat Indonesia. Sekarang ini PDI Perjuangan sudah memiliki organisasi pemuda yang siap untuk dioptimalkan. “Pemuda Indonesia cukup mempunyai idealisme dan konsistensi terhadap perjuangan rakyat,” kata Cokro.(aven)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL