*** Jokowi-JK adalah kita *** Jokowi: Saya Haji, Bapak, Ibu, dan Adik Saya Juga Haji *** Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla *** Ir. H. Joko Widodo ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 12 Mei 2010 diposting pada kategori BERITA CABANG

DPC Gresik Awasi Kisruh Surat Suara

MESKI kisruh kelebihan surat suara mulai sedikit mereda, tak membuat DPC PDI Perjuangan Gresik mengendurkan pengawasan terhadap persoalan itu. Malah, DPC tengah menyiapkan gugatan terkait jumlah surat suara yang jauh lebih besar dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU setempat.
"Kita akan tetap awasi kelebihan surat suara itu," tandas Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPC PDI Perjuangan Gresik, Kisowo, kepada www.pdiperjuangan-jatim.org, Rabu (12/5).

Kelebihan surat suara tercatat sebanyak 107.637 lembar. Jumlah itu didapat dari selisih antara jumlah surat suara yang diterima KPU Gresik dari rekanan sebanyak 998.138 dikurangi jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan cadangan 2,5 persen sebanyak 868.781 dan 21.720, atau terjumlah 890.501.

Terungkap kemudian, kelebihan surat suara berawal dari perjanjian kontrak antara KPU Gresik dan rekanan yang dibuat sebelum DPT selesai disusun. Sehingga, dalam mencetak surat suara digunakan acuan jumlah DPT Pilpres 2009 sebanyak 876.502 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan.

Sisa lebih surat suara saat ini dititipkan di Markas Polres Gresik. Selain menitipkan surat suara, KPU, memastikan akan mengirimkan surat suara ke tiap PPK pada saatnya nanti sesuai DPT yang telah ditetapkan ditambah dua persen surat suara sebagai cadangan.

Selain akan terus melakukan pengawasan pada kisruh surat suara, DPC Gresik saat ini tengah menyiapkan gugatan. Kisowo mengungkapkan, persoalan yang masuk dalam bidang garapnya kini sudah menjadi salah satu perhatian dari DPC.

Sebab, "Bagaimanapun juga, itu adalah sebuah persoalan (kecerobohan) yang berpotensi terjadinya kecurangan dalam pilkada," tandas Kisowo.

Dia menambahkan, persoalan kelebihan surat suara tidak semata menjadi fokus perhatian pihaknya. "Beberapa partai selain kami juga terganggu dengan persoalan ini," pungkasnya. (her)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL