Notice: Use of undefined constant mod - assumed 'mod' in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/v03/index.php on line 8 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Survei CSIS, Mega Nomor Satu
*** Jokowi-JK adalah kita *** Jokowi: Saya Haji, Bapak, Ibu, dan Adik Saya Juga Haji *** Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla *** Ir. H. Joko Widodo ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Rabu, 15 Februari 2012 diposting pada kategori FOKUS UTAMA

Survei CSIS, Mega Nomor Satu

SEKJEN DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengapresiasi hasil survei terbaru Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang menempatkan nama Megawati Soekarnoputri di peringkat teratas dalam 20 calon presiden 2014 pilihan responden.
"Kami catat itu, dan terima kasih pada lembaga survei tersebut," ujar Tjahjo dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (15/2).

Hasil survei CSIS dan lembaga-lembaga survei independen lainnya, kata Tjahjo, akan menjadi pertimbangan PDI Perjuangan dalam menentukan siapa yang hendak mereka usung sebagai capres pada Pemilu 2014 mendatang.

Dia menambahkan, PDI Perjuangan juga akan melakukan survei eksternal maupun internal pada akhir tahun 2012 ini. Menurutnya, PDI Perjuangan akan mencari momentum yang tepat untuk mengambil keputusan politik terkait capres 2014. "Bisa sebelum atau sesudah pemilu legislatif 2014," kata Tjahjo.

Rilis CSIS hari ini, ada 12 nama kandidat calon presiden 2014. Hasilnya antara lain, Megawati menduduki peringkat pertama dengan dukungan 91,6 persen, disusul Jusuf Kalla 84 persen, Wiranto 73,9 persen, Prabowo Subianto 65,9 persen, Sultan Hamengkubuwono X 62 persen, Ani Yudhoyono 62 persen, dan Aburizal Bakrie 61,4 persen.

Survei ini dilakukan pada 16-24 Januari 2012 dengan melibatkan 2.117 responden mulai tingkat kabupaten sampai rumah tangga dan individu di 23 provinsi. Responden dipilih melalui random sampling, sementara margin of error sebesar 2,01 persen.

Murni Pendapat Masyarakat

Terpisah, Ketua DPP Maruarar Sirait menilai hasil survei CSIS ini murni pendapat masyarakat. Menurut dia, PDI Perjuangan sedikitpun tidak memberi sumbangan dan biaya dalam survey ini.

"Hasil ini merupakan bentuk komitmen PDI Perjuangan yang memosisikan diri sebagai oposisi pemerintahan. Mungkin jika dalam reshuffle kemarin PDI Perjuangan tergoda, maka dukungan masyarakat tidak akan seperti ini," katanya di Jakarta.

Hasil survei ini, kata Ara, sapaan akrab Maruarar, menunjukkan bahwa dukungan kepada PDI Perjuangan sangat besar di masyarakat. Sehingga PDI Perjuangan harus mampu mentransformasi dukungan tersebut untuk kepentingan masyarakat.

"Tantangannya adalah bagaimana menransformasi dukungan masyarakat, bukan untuk mencari kekuasaan melainkan untuk kepentingan rakyat," katanya.

Yang menjadi pekerjaan rumah bagi PDI Perjuangan, tambah dia, adalah masalah korupsi, kemiskinan, penegakan hukum dan pluralisme. "PDI Perjuangan akan bekerja secara penuh dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat," ujar Ara. (pri/*)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL