Notice: Use of undefined constant mod - assumed 'mod' in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/v03/index.php on line 8 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Hasil Pemilu 2009 Jadi Modal Menangkan Pilkada
*** Jokowi-JK adalah kita *** Jokowi: Saya Haji, Bapak, Ibu, dan Adik Saya Juga Haji *** Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla *** Ir. H. Joko Widodo ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Minggu, 04 Maret 2012 diposting pada kategori BERITA CABANG

Hasil Pemilu 2009 Jadi Modal Menangkan Pilkada

Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang mulai berhitung menyusul banyaknya dukungan masyarakat kepada H Agus Wicaksono untuk maju dalam pilkada 2013. Kemenangan pileg dan pilpres 2009 di Lumajang menjadi penyemangat untuk memenangkan pilkada mendatang.
GELIAT politik menyambut pilkada setahun mendatang sudah mulai terasa di kabupaten ini. Alat peraga menampilkan foto pejabat, politisi, atau tokoh masyarakat yang santer disebut-sebut akan ambil bagian dalam pilkada mulai bertebaran di sudut-sudut kota. Demikian halnya dari masyarakat --sejumlah elemen atau kelompok-- beberapa di antaranya telah menyatakan dukungan secara terbuka kepada masing-masing person untuk maju pilkada.

Tak terkecuali dukungan ditujukan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Lumajang H Agus Wicaksono SSos. Dukungan kepada pria yang juga Ketua DPRD Lumajang itu tak henti mengalir. Disampaikan langsung, atau melalui kader-kader partai di struktural maupun di dewan. Hasil polling media lokal pun menempatkan Agus sebagai kandidat terkuat calon bupati Lumajang dalam pilkada mendatang.

"Kami sadar betul dengan dukungan itu (kepada Agus Wicaksono). Faktanya, masyarakat memang menghendaki perubahan yang lebih baik. Kami sendiri, sebagai partai pemenang pemilu (pilpres dan pileg 2009) ada tanggung jawab untuk menjawab dukungan masyarakat," kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Lumajang, Solikin SH, Minggu (4/3).

Data dihimpun Infokomnews menyebutkan, PDI Perjuangan tercatat sebagai partai pemenang dalam pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden tahun 2009 lalu.

Untuk pileg DPRD Kabupaten Lumajang, PDI Perjuangan berhasil memimpin raihan suara dengan perolehan 20%. Perolehan itu menghantarkan 10 kader Partai sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten setempat. Di bawah PDI Perjuangan adalah PKB dengan raihan suara sebanyak 15%, Demokrat 11%, Golkar 9%, dan PKNU 8%.

Partai juga memenangkan perolehan suara untuk pileg DPRD Jatim (dapil IV). PDI Perjuangan berhasil menempatkan dua kadernya, Umar Bashor dan H Sugiono di kursi dewan. Total suara dihimpun sembilan caleg ketika itu sebanyak 102.518 suara, 32.950 suara di antaranya hasil pilih gambar partai.

Di bawah PDI Perjuangan adalah PKB dengan total raihan suara sebanyak 85.375 yang dihimpun oleh 11 caleg. Berikutnya, Partai Demokrat dengan total suara 62.494 dari 6 caleg.

Demikian halnya untuk pileg DPR RI, PDI Perjuangan berhasil menempatkan dua kadernya di gedung senayan pada periode 2009-2014, masing-masing H Dadoes Soemarwanto dan Arif Wibowo. Raihan suara keseluruhan dihimpun dari sembilan caleg dari kabupaten penghasil pisang ini sebanyak 93.887 suara. Sedangkan PKB 97.832 suara, Demokrat 67.022, dan Golkar 36.251 suara. Jumlah suara sah tercatat sebanyak 457.527 dan tidak sah 95.228 suara.

Sementara dalam pemilihan presiden 2009, PDI Perjuangan yang mengusung pasangan Megawati-Prabowo juga memimpin raihan suara. Hasil rekapitulasi KPU menyebutkan, pasangan Mega-Prabowo meraih 260.887 suara atau 50%, SBY-Boediono 220.551 (42%), dan JK-Wiranto 43.048 (8%). Sementara suara sah ketika itu sebanyak 524.486 (90%) dan 60.299 (10%) suara tidak sah.

Jumlah suara sah dan tidak sah itu tercatat sebagai pemilih yang berpartisipasi dalam pilpres sebanyak 582.093 suara atau 72% dari jumlah pemilih keseluruhan yang tercatat dalam daftar pemilih tetap sebanyak 811.917 pemilih. (her)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL