Notice: Use of undefined constant mod - assumed 'mod' in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/v03/index.php on line 8 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Notice: Only variable references should be returned by reference in /home/pdip/domains/pdiperjuangan-jatim.org/public_html/libs/db.php on line 114 Pilgub Jatim 29 Agustus 2013
*** Jokowi-JK adalah kita *** Jokowi: Saya Haji, Bapak, Ibu, dan Adik Saya Juga Haji *** Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla *** Ir. H. Joko Widodo ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Jum'at, 03 Agustus 2012 diposting pada kategori Kliping Media

Pilgub Jatim 29 Agustus 2013

KPU Jatim membuat langkah berani. Kendati Kemendagri sudah memberikan sinyal untuk memundurkan jadwal pemilihan gubernur (pilgub) Jatim, KPU Jatim membuat keputusan lain. Hasil rapat pleno KPU Jatim tadi malam memutuskan bahwa Pilgub Jatim akan dihelat pada 29 Agustus 2013.
Kabar keputusan itu diungkapkan Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggara dan Data Agus M. Fauzi. "Baru saja kami rapat dengan KPU empat kota yang akan membarengkan pilkadanya dengan pilgub," kata Agus tadi malam. Empat KPU kota tersebut adalah KPU Kediri, Mojokerto, Probolinggo, dan Madiun.

Agus menyatakan, jadwal itu sudah fixed dan melalui perhitungan matang. Menurut dia, sempat muncul wacana pilgub dihelat pada Juni-Juli 2013. Tapi, saat itu bertepatan dengan tahap pencalegan oleh parpol. Karena ada puluhan parpol dan belasan ribu caleg, tentu saja proses tersebut akan membuat KPU tak bisa bekerja maksimal untuk pilgub.

Setelah pencalegan, KPU juga harus melakukan pemutakhiran data pemilih hingga 24 Agustus 2013. Dalam rentang waktu itu juga ada musim libur Lebaran. Sedangkan pada September-Oktober 2013 banyak event keagamaan, salah satunya haji. "Pada 10 September sudah ada calon jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci," terangnya.

Karena itu, diputuskanlah agenda pilgub dihelat di sela-sela berbagai agenda padat tersebut, antara 24 Agustus 2013-10 September 2013. Akhirnya, dipilih Jumat, 29 Agustus 2013. "Karena sudah ditetapkan dalam pleno, jadwal itu sudah fixed," terang Agus.

Dia menambahkan, tidak ada debat panjang saat pengambilan keputusan tanggal pelaksanaan pemilihan. Semuanya sudah paham bahwa memang rentang waktu itulah yang paling mungkin. "Dalam waktu dekat kami ingin beraudiensi dengan Gubernur Jatim Soekarwo terkait penetapan jadwal pilgub. Kami ingin membahas masalah teknis seperti apa, baru kemudian koordinasi dengan dewan," ujarnya.

Agus juga mengatakan bahwa tidak banyak perubahan soal anggaran yang akan diajukan. "Kebutuhan dananya Rp 500 miliar-Rp 600 miliar untuk satu putaran. Bila dua putaran, ada tambahan Rp 200 miliar-Rp 300 miliar," ucapnya. Sedangkan persoalan keamanan menjadi kewenangan pihak kepolisian. (ano/c11/fat)

Sumber: jawapos


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL