*** Pemilu 2014 Belum Siap *** Perkuat Sektor Parlemen Agar Pemerintahan Efektif *** Pembekalan Caleg Berlanjut ke Dapil *** Jangan Lupakan Sejarah Perjuangan ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Selasa, 22 Januari 2013 diposting pada kategori PILKADA

Cagub PDI Perjuangan Paling Dinanti

CALON Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jatim pembawa surat rekomendasi dari PDI Perjuangan paling ditunggu pihak luar maupun keluarga besar partai. Mengapa?
Pertanyaan seputar siapa cagub-cawagub dari PDI Perjuangan --yang saat ini dalam proses penggodokan DPP-- tak pernah surut hingga hari ini. Seperti halnya pertanyaan publik yang terwakili sejumlah awak media massa usai rakorda di Sekretariat DPD Jatim, Sabtu (19/1) lalu.

Pertanyaan-pertanyaan itu sejatinya bukan cuma soal siapa sang calon. Namun, seperti apa calon yang bakal menjadi representasi dari wajah PDI Perjuangan sesungguhnya. Partai yang disebut-sebut layak diperhitungkan oleh calon petahana. Partai yang telah memenangkan banyak pilkada tingkat kabupaten/kota di tahun kemarin. Dan, Partai yang telah mengukir peristiwa penting di Jatim hingga menjadi catatan sejarah bagi kehidupan kepartaian, bagi keluarga besar PDI perjuangan maupun bangsa ini.

Wakil Sekjen Bidang Kesekretariatan DPP Hasto Kristianto ditanya para wartawan soal keikutsertaan incumbent dalam pilgub, mengatakan, calon incumbent memang mendapatkan keuntungan-keuntungan politik yang lebih dibandingkan dengan calon lain. Yakni, jika ditinjau dari kesempatan untuk meningkatkan elektabilitas dan mendapat dukungan birokrasi.

Tapi, tambah Hasto, dalam menghadapi pilkada PDI Perjuangan tidak semata-mata mendasarkan pada figur. PDI Perjuangan sebagai mesin politik mempunyai kekuatan yang efektif. Apalagi, dari 6 pilkada di Jatim pada tahun 2012, PDI Perjuangan menang di 5 kabupaten/kota.

"Ini hasil yang cukup membanggakan. Sebagai parpol, PDI Perjuangan tentu sangat diperhitungkan, oleh incumbent sekalipun," kata Hasto usai rakorda.

Ketua DPD Jatim Sirmadji Tjondropragolo memerinci, dari 6 pilkada itu, 4 di antaranya PDI Perjuangan sebagai partai pengusung. Yakni, di pilkada Batu, Kabupaten Probolinggo, Nganjuk, dan Kabupaten Bangkalan. Dua pilkada lainnya, Sampang dan Bojonegoro, menjadi partai pendukung.

Pada rakorda kemarin juga terungkap semangat menang pilkada yang sudah menjalar hingga ke akar rumput Partai seperti diungkapkan sejumlah pengurus DPC. Massa Partai seperti 'tidak sabar' menunggu kemunculan sang calon. "Setiap kali kita turun ke bawah, selalu ada pertanyaan siapa cagub dari PDI Perjuangan," ungkap Ketua DPC Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Bagi keluarga besar PDI Perjuangan termasuk bangsa Indonesia, Jawa Timur memang memiliki sejarah kepartaian yang penting. Di era rezim Orde Baru, di provinsi ini tepatnya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Megawati Soekarnoputri secara defacto dikukuhkan sebagai ketua umum PDI.

"Karena itu, kami bersama rakyat mengupayakan secara sungguh-sungguh untuk memenangkan pilgub termasuk pileg mendatang," kata Hasto.

Siapa calon resmi yang diusung PDI Perjuangan, hingga saat ini masih terus diproses oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai. Menurut Hasto, mekanisme untuk penjaringan bakal cagub dan bakal cawagub bisa melalui tiga pintu. Yakni melalui DPC, DPD Jatim, dan DPP.

Pihak DPD sendiri beberapa saat lalu mengusulkan kepada DPP enam nama bakal calon. Semuanya tercatat sebagai kader internal. Antaralain Pramono Anung, Djarot Syaiful Hidayat, Bambang Dwi Hartono, HM Buchori, MH Said Abdullah, dan Suhandoyo. Di luar nama-nama itu, DPP juga telah menjaring sejumlah nama dari kader internal maupun eksternal.

DPP, tambah Hasto, terus melakukan survei terhadap nama-nama yang terjaring. "Tapi Survei bukan sebagai acuan utama. Sebab jika survei jadi acuan utama, tentu PDI perjuangan tidak akan mencalonkan Joko Widodo dalam pilgub DKI lalu karena surveinya rendah. Partai juga memberlakukan pertimbangan-pertimbangan ideologis dan organisatoris terkait dengan pilgub, termasuk Pilgub Jatim," pungkas Hasto. (her)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL