*** Pemilu 2014 Belum Siap *** Perkuat Sektor Parlemen Agar Pemerintahan Efektif *** Pembekalan Caleg Berlanjut ke Dapil *** Jangan Lupakan Sejarah Perjuangan ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Senin, 11 Maret 2013 diposting pada kategori FOKUS UTAMA

Jelang Pemilu 2014

DPD Sosialisasi SK Penjaringan-Penyaringan Caleg

DEWAN Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar rapat koordinasi dengan agenda sosialisasi mekanisme penjaringan, penyaringan, dan penetapan caleg di gedung serba guna, Sekretariat DPD, Jl Kendangsari Industri 57, Senin (11/3).
Sosialisasi surat keputusan DPP nomor 061/TAP/DPP/2013 dilakukan tiga petugas dari DPP. Acara diikuti Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Wakil Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga dari 38 DPC PDI Perjuangan se-Jatim dibuka Ketua DPD Jatim H Sirmadji Tjondropragolo sekitar jam 10.00.

Sirmadji dalam sambutannya mengatakan, perekrutan caleg yang berkualitas menjadi salah satu kebijakan PDI Perjuangan untuk menjawab ketidakpercayaan rakyat terhadap partai politik yang ada di negeri ini.

Kata Sirmadji, sikap apolitis rakyat yang belakangan menjelma menjadi pragmatisme politik terjadi karena partai politik hingga sejauh ini --pascca reformasi-- belum mampu mewujudkan keinginan rakyat. Perilaku koruftif dari para elit politik juga semakin semakin meluas.

Persoalan makin pelik karena pemerintahan yang ada gagal dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Indikasinya, kata Sirmadji, semakin tingginya indeks ketimpangan sosial. Di era orba hingga masa pemerintahan Megawati, ketimpangan tercatat pada angka 0,34 persen.

"Sementara di akhir 2012 kemarin sudah mencapai 0,41 persen. Padahal, pada angka 0,38 saja sudah masuk pada level tidak layak," ungkap Sirmadji.

Oleh karena itu, tambah Sirmadji, salah satu langkah untuk mengubah kondisi yang sudah diliputi pragmatisme politik tersebut, partai membuat kebijakan untuk menyiapkan caleg-caleg berkualitas.

Petugas dari DPP Sonny T Danaparamita dalam paparannya mengatakan, SK 061 mengatur sejumlah item untuk proses perekrutan caleg dari PDI Perjuangan. Di antaranya, persyaratan atau kualifikasi standar yang harus dipenuhi para bakal caleg. Misalnya, dengan mengikuti tes psikologi ataupun tes narkoba.

"Sejumlah persyaratan yang ditetapkan partai salah satunya dengan menggelar psikotes dan tes narkoba untuk mendapatkan caleg berkualitas. PDI Perjuangan tercatat sebagai satu-satunya partai di Indonesia yang menggunakan metode pendekatan psikologi (psikotes) dalam proses perekrutan caleg," ujarnya. (her)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL