*** Jokowi-JK adalah kita *** Jokowi: Saya Haji, Bapak, Ibu, dan Adik Saya Juga Haji *** Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla *** Ir. H. Joko Widodo ***
SocialTwist Tell-a-Friend | |
Sabtu, 30 Maret 2013 diposting pada kategori FOKUS UTAMA

Jelang Pemilu 2014

Gotong Royong untuk Menangkan Partai

KETUA DPD Jawa Timur Drs H Sirmadji Tjondropragolo mengajak calon legislatif PDI Perjuangan bergotong royong dan kerja keras untuk meraih memenangkan Pemilu 2014. Pasalnya, jika caleg hanya bekerja sendiri dan tidak menjunjung tinggi semangat gotong royong, sulit meraih kemenangan tersebut.
Pernyataan Sirmadji tersebut disampaikan dalam acara Sosialisasi Pencalegan dan Penugasan Caleg PDI Perjuangan Provinsi se-Jawa Timur, kemarin. Sosialisasi di aula sekretariat DPD, Jl Kendangsari Industri no 57 Surabaya itu diikuti 100 bakal caleg provinsi dari PDI Perjuangan.

"Proses demokrasi terbuka seperti saat ini telah menggerus semangat gotong royong itu sendiri. Setiap caleg hanya memikirkan kemenangan bagi dirinya sendiri, dan ini menjadi awal kekalahan partai," kata Sirmadji.

Selain itu, lanjut dia, gotong royong atau soliditas kader di struktural menjadi kunci penting untuk memenangi pileg. Dia tidak menampik adanya keunggulan popularitas individu seorang caleg di wilayah tertentu. Tapi dengan luasnya wilayah kampanye serta potensi pertarungan terbuka antar caleg, menurutnya lebih efisien jika antar caleg menerapkan semangat gotong royong.

Pengalaman di 2009 lalu, imbuh politisi asal Trenggalek ini, semangat gotong royong di beberapa daerah pemilihan waktu itu telah diterapkan. Sehingga membuahkan kemenangan bersama bagi caleg di dapil tersebut. "Sekali lagi popularitas personal itu penting, tapi gotong royong adalah kunci kemenangan dalam pileg 2014 nanti," tuturnya.

Gotong royong, lanjut Sirmadji, juga mengupayakan secara optimal persoalan pendanaan kampanye. Di tengah pragmatisme politik yang memberikan kesempatan lebih kepada setiap caleg untuk memberi uang kepada pemilih, maka gotong royong adalah strategi tepat untuk menangkalnya.

"Semisal pendanaan operasional saksi partai yang di tempat pemungutan suara, bisa bergotong royong antara caleg provinsi di dapil tersebut bekerjasama dengan caleg kabupaten/kota yang berada di dapil tersebut. Sehingga semuanya terasa ringan dan mudah," urai Sirmadji.

Terkait target kursi, pihak DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tidak membebani target khusus kursi yang harus diperoleh. Setiap caleg diharapkan melalui kerja-kerja taktis strategis secara optimal dan mampu memberikan kemenangan untuk PDI Perjuangan.

"Nyata, bahwa setiap hasil survey yang dirilis beberapa lembaga selama 3 bulan terakhir, telah menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai di peringkat atas untuk perolehan dukungan. Tapi setiap caleg tetap harus bekerja keras dan berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Jawa Timur," harapnya. (ven)


Copyright (c) 2007 - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur
All rights reserved. Protected by the copyright laws of the Indonesia
Host by pusathosting.com & Design by Topiq
Web Master by Agiz YL